SEJARAH, DEFINISI, DAN JENIS-JENIS APLIKASI PENGOLAH KATA

A. SEJARAH APLIKASI PENGOLAH KATA

Perangkat lunak atau software adalah program dari komputer. Perangkat lunak adalah program yang berisi instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Saat ini, tingkat pemrosesan yang dikerjakan perangkat lunak bersifat machine-like (keinginan mesin) mulai berubah dengan sifat human-like (keinginan manusia). 
Di dalam teori informasi, disusun hirarki informasi, mulai dari data/ fakta, kemudian setelah proses seleksi dan pengurutan menjadi sesuatu yang berguna menjadi informasi. Informasi yang di susun secara sistematis dengan suatu alur logika tertentu menjadi knowledge (pengetahuan). Perangkat Keras tidak akan berfungsi tanpa adanya perangkat lunak begitu pula sebaliknya perangkat lunak tidak berfungsi tanpa adanya perangkat keras. Kedua perangkat tersebut memang saling berkaitan sehingga komputer dapat berfungsi dengan baik. 
Perkembangan teknologi terutama dalam perangkat keras terus diimbangi oleh perangkat lunaknya sehingga penggunaan komputer lebih maksimal. Kemampuan komputer dirasakan sangat berkaitan dengan perangkat keras dan perangkat lunaknya, maka dari itu diperlukan perangkat lunak yang benar-benar mendukung perangkat kerasnya.
Bentuk paling sederhana dari perangkat lunak, menggunakan aljabar Boolean, yang di representasikan sebagai binary digit (bit), yaitu 1 (benar) atau 0 (salah), cara ini sudah pasti sangat menyulitkan, sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut menjadi nible (4 bit), byte (8 bit), word (16 bit), double word (32 bit). Kelompok-kelompok bit ini di susun ke dalam struktur instruksi seperti penyimpanan, transfer, operasi aritmatika, operasi logika, dan bentuk bit ini di ubah menjadi kode-kode yang di kenal sebagai assembler. Kode-kode mesin sendiri masih cukup menyulitkan karena tuntutan untuk dapat menghapal kode  tersebut dan format (aturan) penulisannya yang cukup membingungkan, dari masalah ini kemudian lahir bahasa pemrograman tingkat tinggi yang seperti bahasa manusia (bahasa Inggris). 
Saat ini pembuatan perangkat lunak sudah menjadi suatu proses produksi yang sangat kompleks, dengan urutan proses yang panjang dengan melibatkan puluhan bahkan ratusan orang dalam pembuatannya. Berdasarkan perkembangannya perangkat lunak sampai dengan sekarang dibagi menjadi beberapa era yaitu:
  1. Era Pemula (Pioneer) Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, Cara dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa print out. Proses yang di lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang secara berurutan di proses.  
  2. Era Stabil Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan. Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk. Baris-baris perintah perangkat lunak yang di jalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah seperti banyak proses yang di lakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses). 
  3. Era Mikro Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan. 
  4. Era Modern Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 processor-nya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap peralatan itu akan mengarah pada suatu saat kelak akan dapat saling terhubung. Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar.



B. DEFINISI APLIKASI PENGOLAH KATA

Aplikasi pengolah kata (word processor) adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mengolah kata. Aplikasi pengolah kata merupakan salah satu program yang paling dibutuhkan dan banyak digunakan di berbagai bidang kehidupan, seperti bidang pendidikan, sosial dan ekonomi, keuangan, pemerintahan, kesehatan dan lain-lain. Dengan aplikasi ini Anda dapat berbagai dokumen seperti laporan, proposal, artikel, brosur, booklet, karya tulis, surat menyurat, dan sebagainya.
Dewasa ini, ada banyak aplikasi pengolah kata yang dibuat oleh produsen perangkat lunak. Sebagian aplikasi pengolah kata merupakan perangkat lunak berbayar, sebagian lagi merupakan perangkat lunak yang dapat Anda gunakan secara bebas (gratis).



C. JENIS-JENIS APLIKASI PENGOLAH KATA

1. Star Office Writer

Star Office Writer adalah software pengolah kata yang multi platform, artinya dapat dijalankan diberbagai sistem operasi, termasuk Linux, Solaris, Unix, dan Windows.
Kelebihan dari Star Office Writer adalah mempunyai banyak contoh memo, faks, surat, resume, dan dokumen untuk mempermudah pekerjaan dengan cara memanfaatkan contoh-contoh tersebut. Selain itu harganya murah. S
oftware ini dapat mengkonversi file dokumen Microsoft Word dan WordPerfect.
Program ini memiliki kesamaan dengan Microsoft Word, namun ada perbedaannya yakni terletak pada file ekstensinya. Jika, Ms. Word menggunakan file ekstensi *doc, StarOffice Writer menggunakan file ekstensi *odt. Hanya saja file ekstenisi *odt masih bisa dirubah ke *doc. Program StarOffice dapat berjalan di OS Windows dan MC.Os (Apple).

Gambar Star Office Writer

Kelebihan Star Office Writer
  • Powerfull dan Full Features.
  • Memiliki banyak aplikasi.
  • Integrasi aplikasi office.
  • Kompatibel dengan Ms. Office.
  • Starwriter dapat digunakan untuk membuka dan mengedit file dengan ekstensi rtf, doc, dll.
  • StarImpress dapat digunakan untuk membuka dan mengedit file presentasi dengan ekstensi ppt.
  • Harga murah (kita cukup keluar uang untuk membeli CD atau koneksi internet untuk men-download tanpa perlu membayar lisensi untuk penggunaan non komersial).
  • Lebih Stabil dan tahan virus (StarOffice versi Linux) karena berjalan dalam platform sistem operasi Linux.



Kekurangan Star Office Writer
  • Lambat ketika dijalankan pertama, karena StarOffice merupakan integrasi kumpulan program aplikasi, sehingga jika dijalankan maka StarOffice akan memanggil program-program aplikasi yang merupakan suite officenya.



2. Open Office.Org Writer

OpenOffice.Org writer adalah software pengolah kata yang hampir sama dengan Microsoft Word. Software ini sudah dilengkapi dengan Fitur-fitur modern seperti Auto Correct, Auto Complete dll. Software ini juga dapat membuka dokumen yang dibuat dari Microsoft Word dan juga Open Source. sampai saat ini mungkin masih banyak yang menggunakan software ini. Dapat dijalankan di berbagai platform sistem operasi, seperti Windows, Linux, Solaris, dan Mac Os.
Hampir sama dengan Ms.Word. Bedanya Open Office dikembangkan dengan lisensi GPL (General Public Licensi), sehingga dapat didistribusikan secara bebas. Open Office dilengkapi fitur  bawaan “export as PDF”, sehingga file yang telah kita ketik bisa diubah langsung ke PDF tanpa repot-repot menginstall Adobe Acrobat.

Gambar Open Office.Org Writer

Kelebihan Open Office.Org Writer
  • Ringan
  • Dapat membuka format dari MS Word tipe apapun termasuk tipe .docx.
  • Dapat mengkonvert ke bentuk .pdf secara langsung seperti save as biasa.
  • Memiliki lebih banyak tipe file untuk penyimpanan (dapat menyimpan file dalam format yang dimiliki MS Word 2007).

Kekurangan Open Office.Org Writer
  • Jika membuka file dari tipe .docx sering kali formatnya berubah.
  • Jika menyimpan ke bentuk .rtf, setelah dibuka di MS Word formatnya juga berubah.
  • Peletakan panel (tombol) untuk mengedit spasi sulit ditemukan.
  • Untuk membuat page break seperti di word susah ditemukan panel (tombol)nya.
  • Tidak dapat mempublish tulisan ke blog.
  • Tidak bisa menggunakan equation untuk menulis rumus.


3. AbiWord

AbiWord mendukung fitur pengolah kata dasar seperti daftar, indentasi dan format karakter, dan fitur lebih canggih termasuk tabel, gaya, header dan footer halaman, catatan kaki, template, multiple views, kolom halaman, spell checking, dan memeriksa tata bahasa. 
AbiWord adalah perangkat lunak bebas pengolah kata (word processor) yang mirip dengan Microsoft Word word dan OpenOffice.org writer. Ia sangat cocok digunakan untuk melakukan tugas-tugas pemrosesan kata. Program yang diklaim ringan ini pertama kali dikembangkan oleh Abisource.inc sebelum kemudian diintegrasikan kedalam GNOME Office. Ia mampu membaca format dokumen .doc, .sxw, dan beragam format dokumen umum lainnya.
Dimulai dengan versi 2.8.0, AbiWord termasuk plugin kolaborasi yang memungkinkan integrasi dengan AbiCollab.net, layanan berbasis web yang memungkinkan beberapa pengguna untuk bekerja pada dokumen yang sama secara real time, dalam sinkronisasi penuh. Untuk Presentasi AbiWord, yang dapat mempermudah menampilkan presentasi yang dibuat dalam AbiWord pada "layar" halaman, fitur lain yang tidak sering ditemukan dalam pengolah kata.
AbiWord juga dikembangkan dengan lisensi GPL, sehingga software ini adalah software Open Source/freeware. Aplikasi ini tersedia pada perangkat Android sebagai bagian dari paket NOROOT Ubuntu dari Google Play Store.

Gambar AbiWord

Kelebihan AbiWord
  • Multi Platform [produk keluaran dari pabrik/perusahaan yang dikeluarkan untuk banyak sistem operasi / lebih dari satu]
  • Open Source
  • Ukurannya relatif lebih kecil
  • Memory requirement pun cukup kecil
  • Tersedia dalam bentuk portable (untuk Windows)
  • Fitur-fitur AbiWord terintegrasi dengan layanan AbiCollab.net yang memungkinkan User untuk menyimpan dokumen secara online dan berbagi dokumen dengan teman.


4. Microsoft Office Word 2007

Ms Word atau Microsoft Word adalah Software pengolah kata yang dibuat oleh perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia Microsoft Corp. Software ini satu paket dengan Ms Excel, Ms PowerPoint, dll. Kemudian kumpulan software ini dinamakan Microsoft Office.
Ms Word merupakan program pengolah kata yang paling sering digunakan karena Word mempunyai kemampuan yg sangat handal untuk membuat berbagai jenis dokumen.

Gambar Ms Word 2007

Kelebihan Microsoft Word 2007
  • Fasilitas lebih lengkap dari versi sebelumnya.
  • Pada tampilan menu ‘INSERT’, menu picture, clipart, dll dilengkapi dengan gambar-gambar dengan ukuran yang sedikit besar dan berwarna yang membuat tampilannya kelihatan lebih menarik.
  • Terdapat menu ‘REFERENCES’ yang sebelumnya tidak terdapat pada Microsoft Word 2003. Pada menu ini terdapat cara untuk memudahkan membuat daftar pustaka, daftar isi atau sebagainya.
  • Terdapat ‘Office Button’ atau tombol bulat di pojok kiri atas yang sebagian besar gunanya untuk menggantikan fungsi menu file.
  • Loading lebih cepat dari versi sebelumnya.
  • Ukuran file yang dihasilkan lebih kecil.
  • Gaya tulisan yang lebih banyak dan terbaru.
  • Pengaturan naskah lebih mudah jika sudah menguasainya.
  • Dapat membaca semua file dari semua versi office yang ada.
  • Terdapat smartart, yaitu sekumpulan template grafis yang mudah digunakan.
  • Terdapat ‘quick acces toolbar’.
  • Saat menu utama di klik langsung muncul ikon – ikon yang disebut dengan ribbon.
  • Dapat menyisipkan gambar ke dalam naskah.
  • Title Bar terletak tepat di bagian tengah atas.
  • Mempunyai 7 menu utama yang terkesan lebih simple dari versi sebelumnya.
  • Toolbar ditampilkan secara vertical sehingga tidak mengganggu lembar kerja.
  • Dapat mempublish atau memposting tulisan ke blog.
  • Sudah mulai ada perkembangan untuk ‘Save as’. Kita dapat menyimpan file dengan default yang kita hendaki yakni Word document, Word template, Word 97-2003 document.
  • Template yang digunakan sudah mulai beragam.
  • Tampilan lebih menarik.
  • Memiliki preview dari setiap ikon tentang pengaturan halaman apabila kita dekatkan kursor pada ikon yang kita kehendaki.
  • Terdapat fasilitas untuk menggunakan ‘equation’ untuk menulis rumus.
  • Multi dukungan untuk .NET, Web (kompatibilitas lebih bagus).
  • Desain baru yang lebih mengutamakan kemudahan penggunaan.
  • Office 2007 dilengkapi dengan tambahan-tambahan fitur dan fungsi yang lebih dari offiice 2003 seperti efek grafik, efek gambar (yang memungkin kita tidak perlu menggunakan software gambar lain untuk mengedit foto).
  • Dilengkapi tool dasar untuk desktop publishing.

Kekurangan Microsoft Word 2007
  • Perubahan design yang drastis sehingga mengharuskan pengguna baru untuk mempelajari lagi dan membutuhkan waktu hingga terbiasa.
  • Relatif berat, terutama di mesin yang pas-pasan.
  • Banyak fitur yang mubazir, apalagi kalau kita menggunakannya untuk sekedar menulis surat.
  • Installer yang lebih besar.
  • Spesifikasi yang dicapai lebih berat, yaitu processor sebesar 500 MHz (kecepatannya), RAM sebesar 256 MB (disarankan 512 MB), VGA 64 MB (agar pemrosesan gambar lebih cepat), HDD yang disediakan minimal 600 MB (disarankan 1 GB).
  • Minimal OS Windows XP dengan SP2.
  • Sedikit lebih sulit bagi orang – orang yang sudah terbiasa menggunakan Microsoft Word 2003.
  • File yang dihasilkan defaultnya berformat .docx dimana pada format ini tidak dapat dieksekusi atau dibaca oleh Microsoft Word 2003.
  • Menyimpan file untuk web terasa lebih kompleks dibanding pada edisi sebelumnya.
  • Tab konstektual dan style gallery agak mengganggu.
  • Karena merupakan versi baru sehingga membutuhkan penyesuaian penggunaan sistem dari user.



5. Corel WordPerfect

Corel WordPerfect adalah aplikasi pengolah kata eksklusif, kini dimiliki oleh Corel. Bruce Bastian, seorang Brigham Young University (BYU) mahasiswa pascasarjana, dan profesor ilmu komputer Universitas Brigham Young Dr Alan Ashton bergabung untuk merancang sebuah sistem pengolah kata untuk kota Orem's Data General Corp sistem komputer mini pada tahun 1979. Bastian dan Ashton menyimpan hak atas perangkat lunak Corel WordPerfect mereka dirancang untuk Orem, memutuskan untuk pasar melalui perusahaan mereka sendiri. Ashton dan Bastian mulai Satellite Systems International (SSI) untuk menjual WordPerfect tahun 1980. 1,0 Corel WordPerfect mewakili keberangkatan yang signifikan dari Wang sebelumnya untuk pengolah kata standar.
Merupakan program aplikasi pengolah kata yg dapat dijalankan di komputer dengan sistem operasi Windows.

Gambar Corel WordPerfect

Kelebihan Corel Wordperfect
  • Harganya lebih murah dibanding Ms.word.
  • Dapat membaca file yang dibuat di Ms.word.
  • Lebih mudah digunakan.
  • Memiliki aplikasi word processing, spreadsheet, presentasi, note-taking, e-mail, aplikasi grafis, support lebih dari 60 format file seperti ODF dan file dari Microsoft office 2007 dan di bawahnya, mampu menangani PDF, juga merupakan tool yang kuat untuk dokumen yang panjang.
  • Software ini juga dilengkapi fitur keamanan, dan upgrade tidak akan mengganggu tampilan interface secara keseluruhan.

Kekurangan Word Perfect
  • Aplikasi ini membutuhkan spesifikasi perangkat keras yang lebih tinggi, yaitu minimal Pentium III dengan memori 128 mb.
  • Agak rumit untuk dipelajari bagi user yang menggunakan Ms. Office 2007.
  • Beberapa fungsi sulit untuk ditemukan.
  • Integrasi antar aplikasi masih kurang.
  • Harganya cukup mahal. 



6. Lotus Word Pro

Lotus Word Pro Yaitu aplikasi pengolah kata yg dikeluarkan oleh IBM. Kelebihan dari Lotus Word Pro adalah kemampuan untuk mempertukarkan file dokumen dengan Microsoft Word. Lotus Word Pro juga dapat membuka file-file word dan beberapa aplikasi pengolah kata yg lain.

Gambar Lotus Word Pro

Kelebihan Lotus Word Pro
  • Dapat mempertukarkan file dokumen dengan Microsoft Word.
  • Dapat membuka file dari beberapa aplikasi pengolah kata lain.
  • Memungkinkan pengguna mendiktekan teks yang ingin diketikkan secara langsung
  • Memiliki fasilitas Helpfull menu finder yang membantu penggunamenemukan perintah yang ada pada Ms. Word dan WordPro.
  • Memiliki fasilitas yang berhubungan dengan internet. Sehingga pengguna dapat langsung mengirim email dari jendela WordPro.
  • Memiliki kemampuan untuk membuat File HTML.
  • Word dikeluarkan dalam bentuk  Microsoft Office yang berisis amplikasi Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Acces, Microsoft PowerPoint.

Kekurangan Lotus Word Pro
  • Kelemahan aplikasi ini adalah membutuhkan spesifikasi perangkat keras



7. LyX

LyX merupakan program pengolah kata (word processor) layaknya Microsoft Word dan OpenOffice.org Writer. LyX merupakan suatu alat untuk menghasilkan suatu manuskrip, buku, surat dan proposal bahkan puisi dalam format yang cantik. Tidak seperti pengolah kata pada umumnya, dalam arti bahwa LyX menggunakan paradigma bahasa markup sebagai gaya pengeditan intinya. Dengan kata lain, ketika Anda mengetik suatu header pada suatu bagian, maka Anda akan menandainya sebagai "Section", bukan sebagai "Bold, 17 pt type, left justiļ¬ed, 5mm space below".
LyX akan mengurus typesetting untuk Anda, sehingga cukup berurusan dengan konsep dan isi dokumen, bukan dengan mekaniknya. Contohnya, dalam LyX tidak bisa mengetik dua spasi secara berurutan, dua baris baru secara berurutan, atau memiliki baris yang kosong karena semua pengaturan tentang spacing antar paragraf, antar bagian dst sudah dibuat secara otomatis. LyX cocok digunakan untuk membuat memo, surat, disertasi dan tesis, catatan kuliah, catatan seminar, prosiding konferensi, dokumentasi software, buku, artikel pada jurnal ilmiah, skrip untuk drama dan film, proposal bisnis, dan presentasi.
LyX adalah prosesor dokumen yang mendorong pendekatan berbasis penulisan struktur dokumen (WYSIWYM). LyX menggabungkan kekuatan dan fleksibilitas dari TeX / LaTeX dengan kemudahan penggunaan grafis interface.

Gambar LyX

Kelebihan LyX
  • Output yang konsisten : contoh semua paragraf dipastikan memiliki margin yang sama, semua judul dipastikan memiliki besar sama, dst.
  • Dokumen sangat terstruktur
  • Terdapat fitur untuk melakukan navigasi intra-dokumen yang sangat bagus (daftar judul-judul bab dan sub-bab, bisa meng-klik untuk pindah ke bagian tersebut dengan cepat).
  • Setiap dokumen memiliki kelas sendiri : misalnya article atau book
  • Setiap kelas sudah terformat dengan sangat baik bahkan melebihi apa yang biasa dilakukan dengan Word. Contohnya, pada kelas book, nomor halaman sudah berada pada tempat yang tepat (di bawah saat mulai bab, di atas pada halaman lainnya).
  • Penomoran bab, sub-bab, gambar dan tabel langsung dibuat secara otomatis. Pada umumnya, setiap tabel maupun gambar tidak terletak di tempat kita meletakkan tabel/gambar tersebut, tetapi di awal atau akhir halaman, dan semuanya otomatis! (fitur ini bisa dimatikan untuk tabel tertentu)

Kekurangan LyX
  • Sangat sulit mengatur style (warna, font, dll) yang baku seperti judul bab, judul sub-bab, dll (walaupun untuk tulisan bukan judul bisa dilakukan).
  • Sulit untuk mengatur apa-apa yang sudah di pre-format oleh LyX, misalnya di mana penomoran halaman diletakkan, atau kata-kata otomatis yang digunakan. Seperti Chapter xxx, Figure xxx, Table xxx (dalam penomoran otomatis)... tetapi versi Bahasa Indonesia seperti Bab xxx, Gambar xxx, Tabel xxx tersedia, tetapi tidak bisa mengubahnya menjadi Bagian xxx atau Figur xxx misalnya.
  • Apabila ingin mengubah tulisan tersebut, harus mengubah isi file atau, export ke format HTML, OpenOffice.org, atau Microsoft Word (LyX dapat mengekspor dengan format PS dan PDF). Akan tetapi instalasi default untuk Windows tidak bisa mengekspor ke format tersebut (harus ada package yang harus di-download).



8. KWord

KWord adalah aplikasi pengolah kata, bagian dari proyek KOffice dari lingkungan desktop KDE.
Meski ada kemiripan nama, KWord bukanlah semata-mata jiplakan dari Microsoft Word. Walaupun diharapkan fitur-fitur utama Word akan didukung oleh KWord, dalam beberapa hal penting terdapat perbedaan antara keduanya. Skema tata letak teks pada KWord mengikuti konsep frame, seperti halnya Adobe PageMaker. Frame dapat diletakkan di mana saja dalam sebuah halaman, dan mencakup teks, grafik, dan objek. Setiap halaman baru pada dasarnya adalah sebuah frame, teks dapat mengalir dalam frame ini karena kemampuan KWord untuk mengaitkan satu frame dengan yang lain. Pemanfaatan frame memungkinan kemudahan penataan teks dan grafik yang rumit sekalipun.

Gambar Kword


9. Atlantis Word Processor

Atlantis Word Processor merupakan salah satu aplikasi pengolah kata dan memiliki tampilan hampir mirip seperti MS Word. Atlantis mendukung format-format extensi seperti Document (doc), Rich Text Format (RTF), Encrypted Document (COD), dan format text standar (txt).

Gambar Atlantis Word Processor

Kelebihan Atlantis Word Processor
  • Pembuatan dokumen dan format mudah, menggunakan koleksi disesuaikan dan diperluas dokumen template dan surat sampel.
  • Komprehensif dukungan Style Sheet yang tersedia untuk pengguna tingkat lanjut.
  • Sebuah disesuaikan dan diperluas Clip Perpustakaan penuh dengan teks dan grafis siap untuk dimasukkan dalam dokumen yang lebih besar bila cocok. Atlantis koleksi asli klip memasukkan frasa sehari-hari, elemen menulis surat, clip art, dll.
  • Tentu saja, semua tradisional huruf dan format paragraf perintah yang hadir
  • Kata-kata dapat ditulis dgn tanda penghubung lintas secara otomatis atau manual.
  • Dapat membuat koran-jenis kolom, dokumen membagi menjadi bagian , setiap bagian dengan sendiri halaman pengaturan.
  • Memiliki dua mode format grafis-jenis untuk mengubah warna font dan sorot teks. Anda akan menggunakan mouse pointer khusus untuk memformat teks dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan dengan kuas cat.
  • Atlantis memperkenalkan pendekatan revolusioner untuk format dokumen dengan Format Palette dan Brush. Bahkan pekerjaan format yang paling kompleks dapat dilakukan secara eksklusif dengan kursor mouse yang mirip kuas dan palet sarat dengan template format. Anda dapat menggunakan default palet Atlantis atau menyesuaikan Format palet Anda sendiri dengan cara apapun yang Anda suka.
  • Semua dokumen yang dibuat di Atlantis dapat " Disimpan Sebagai Halaman Web ", yaitu disimpan sebagai HTML. Ini akan membantu pemilik situs web pribadi, dan juga e-book pencipta sangat. Atlantis juga memiliki perintah untuk mengkonversi dokumen apapun untuk e-book hanya dengan beberapa klik mouse.

Kekurangan Atlantis Word Processor
  • Tidak mendukung Grammer Checker
  • Tidak mendukung Graphic Editing
  • Tidak mendukung Mail Merging
  • Hanya bisa digunakan pada system Operasi Windows



10. Word Star

Word Star adalah sebuah aplikasi pengolah kata, dipublikasikan oleh MicroPro International, pertama kali dibuat untuk sistem operasi CP/M dan kemudian ditulis ulang untuk platform DOS, sempat mendominasi pasar pada era 1980an. Meskipun Seymour I. Rubinstein adalah pemilik perusahaan, Rob Barnaby merupakan pencipta versi-versi awal dari program; dimulai sejak WordStar 4.0, program dibuat berdasarkan kode yang ditulis oleh Peter Mierau.
Word Star  hampir sudah bisa dikatakan dapat menggantikan yang namanya Mesin Ketik kala itu. Saat ini Word Star sudah tidak digunakan lagi. Sebab Word Star tidak memiliki menu-menu yang memadai. Oleh karena itu semua perintah-perintah di Word Star harus dihapal luar kepala.

Gambar Word Star

Kelebihan Word Star
  • Word star mampu menggunakan modus non-document untuk menciptakan file texs ASCII tanpa kode format,dengan itu dapat membuat word star popular di kalangan programmer untuk menuliskode program.
  • Menggunakan versi DOS pertama.
  • Merupaka program pilihan bagi intelektual konservatif William F. Buckley Jr.
  • Word Star dapat dianggap sebagai antarmuka keyboard ketiga.

Kekurangan Word Star
  • Word Star memiliki perintah-perintah yang rumit dan harus di hafal karena tidak tersedianya menu yang memadai.
  • Word Star tidak mampu untuk memformat perubahan Ulang justifikasi baris saat teks diketikkan atau dihapus. Karenanya paragraph harus di format ulang oleh sebuah perintah setelah proses perubahan selesai di buat.
  • Banyak pengguna menemukan lebih mudah untuk memanipulasi blok dengan blok perintah daripada sisem Microsoft Word menyoroti dengan mouse.
  • Antarmuka Word Star meninggalkan warisan besar.









REFERENSI

Komentar